Jaga Kesehatan Personel dan ASN Polri, Polres Bone Gelar Rikkes

Foto salah satu anggota melakukan proses pendaftaran untuk menjalani pemeriksaan

BONE, LENSASATU.COMPolres Bone dan seluruh Polsek jajarannya menggelar Pemeriksaan Kesehatan Berkala (Rikkes) tahunan di Aula Sarja Racana Mapolres Bone.

Kegiatan ini merupakan upaya preventif untuk menjaga kesehatan personel Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di lingkungan Polres Bone, Selasa (3/10/2023).

Kasubsi PIDM Sihumas Polres Bone menyebutkan, pemeriksaan ini untuk mendeteksi dini berbagai jenis penyakit atau kelainan kesehatan yang mungkin dialami oleh anggota Polri dan ASN Polri.

BACA JUGA :  Realokasi Penanganan PMK Sangat Penting, Tapi Pelaksanaannya Mesti Ketat Jangan Sampai Bocor Anggaran

“Upaya deteksi dini ini diharapkan dapat memungkinkan tindakan medis segera diambil, sehingga kesehatan personel Polri dapat terjaga dengan baik,” Jelas Iptu Rayendra Muchtar.

Selanjutnya dikatakan Rayendra, Kegiatan Rikkes berkala ini melibatkan berbagai tahapan, yang dimulai dengan pendaftaran bagi anggota yang akan menjalani pemeriksaan.

“Setelah proses pendaftaran selesai, anggota diberikan formulir yang berisi informasi yang diperlukan untuk pemeriksaan kesehatan. Kemudian, dilakukan pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan laboratorium guna memeriksa berbagai parameter kesehatan,” katanya.

BACA JUGA :  Bank Sulselbar Hadirkan Sentra UMKM dan Launching QRIS DiBone

Pantauan Humas di lapangan, tidak hanya sampel darah, tahapan selanjutnya adalah observasi tanda-tanda vital, seperti tekanan darah dan denyut nadi, untuk memastikan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular.

Selain itu, dilakukan pula pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) guna mendeteksi potensi masalah pada jantung.

Terakhir, para peserta Rikkes juga menjalani Foto Thorax untuk memeriksa kondisi paru-paru.

Kegiatan Rikkes berkala ini melibatkan tenaga tim medis dari Biddokkes Polda Sulawesi Selatan serta Sidokkes Polres Bone.

BACA JUGA :  Usai Deklarasi Dukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2024, Anton Timbang Ketum RAPIM Siap Kawal Sampai Menang

Kolaborasi antara berbagai pihak ini memberikan jaminan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan secara komprehensif dan profesional.

Disamping itu, Polres Bone juga menjalin kerjasama dengan Laboratorium Klinik Kimia Farma untuk memastikan hasil pemeriksaan laboratorium yang akurat.

Hal ini menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa setiap anggota Polri dan ASN Polri di Polres Bone mendapatkan perawatan kesehatan yang berkualitas.

 

Editor Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.