Jemaah Haji Kloter 11 Embarkasi Makassar Tiba di Bone, Penjemput Semrawut Dalam Aula Masjid

Tiba di Bone, jemaah Haji disambut ribuan penjemput

 

BONE, LENSASATU.COM – Kedatangan jemaah haji tahun 1444 H / 2023 Kelompok Terbang ( Kloter ) I Bone dan Kloter 11 Embarkasi Makassar disambut Ribuan penjembut, Kamis (13/07/2023).

 

Total Jamaah Haji Kloter 1 Bone yang Tiba Sebanyak 211 Jamaah, dari 212 yang Berangkat. Dikarenakan salah satu jemaah wafat ditanah suci.

 

Tiba di Kabupaten Bone, Jemaah Haji disambut dibeberapa temapat yakni 73 orang di Kecamatan Bengo dan 138 orang di Masjid Al Markaz Al Ma’arif Watampone

 

Terlihat juga ratusan penjemput Jemaah Haji memadati Aula masjid Al-Markaz sehingga terlihat semrawut membuat dan membuat Jemaah kesulitan mencocokkan barang bawaannya sendiri.

BACA JUGA :  Mobil Truk Pengangkut Solar Subsidi Tergelincir, Ratusan Jerigen Berisi Solar Berhamburan 

 

Maharajuddin Salah satu masyarakat yang berada dilokasi mengatakan, seharusnya Jemaah Haji yang masuk dulu, jangan yang menjemput koper duluan masuk.

 

“Kalau saya Seluruh jemaah haji masuk dulu, nanti kopernya itu urusan belakang, bagaimana kalau seperti ini sudah semrawut lebih banyak penjemput daripada Jemaah yang berada didalam,” ucapnya

 

Kemudian Ia menyebutkan, nanti di Kloter berikutnya Panitia bisa merubah mekanisme, jangan terjadi hal serupa karena ini dapat membuat Jemaah juga sesat.

 

“Nanti keloter ke 2 harus Jemaah dulu masuk, jangan penjeput koper yang menunggu didalam, adapun kopernya disimpan ditempat lain agar penjemput dan jemaah tidak semrawut seperti ini,” sebut Maharajuddin

BACA JUGA :  FORPETA _SULTRA Resmi laporkan Oknum Kades Ulunese di duga Terlibat dalam Penambangan Ilegal Mining Galian C. Di Konsel.

 

Hj. Ratna, jemaah haji kloter l dari Kecamatan Sibulue, juga mengatakan Yang sama bahwa seharusnya Jemaah dulu masuk dibelakang baru koper biar dikumpulkan dulu koper kemudian dipanggil satu persatu.

 

“Semestinya kita ( Jemaah ) dulu yang masuk biar koper itu diantarkan masuk oleh panitia Sati satu orang, sangat berbeda dengan tahun lalu kalau saya liat, jemaah terlihat lebih tenag,” Paparnya.

 

H. Ahmad Yani selaku Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Bone mengatakan, ini adalah bentuk Euforia dan kegembiraan jamaah yang dimaklumi dan terjadi setiap tahun

BACA JUGA :  Rapat Paripurna Ranperda Pertanggungjawaban APBD TA 2021, Wabup Catatan Pemeriksaan BPK Sekarang Sudah Mencapai 90%

 

“Kami telah merekayasa sedemikian rupah tetapi namanya juga kan Euforia dan kegembiraan jamaah, petugas sudah berusaha semaksimal mungkin namun barisan itu tetap saja ditembus oleh pengunjung dan dimaklumi karena ini sudah terjadi tiap tahun,” jelasnya

 

Disamping itu, H. Ahmad Yani mengungkapkan, ini akan menjadi bahan evaluasi untuk penerimaan kloter berikutnya

 

” InsyaAllah kita akan evaluasi bagaimana merekayasa sebaik mungkin dan tetap berkordinasi dengan Pihak Pengamanan agar bisa tertib dan memberikan kenyamanan buat jamaah,” tuturnya.

 

Reporter : Jumardi Ricky

Editor     : Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.