Pelaku UMKM Asal Konsel: Munas Kadin di Kendari Tanda Bangkitnya Ekonomi Masyarakat.

LENSASATU.COM.-Konawe Selatan: Para pelaku UMKM mendukung penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang akan berlangsung di Kota Kendari 29-30 Juni 2021.

Salah satu pengusaha lokal asal Kabupaten Konawe Selatan, Muh.Taufik menyatakan kegiatan ini merupakan momen tepat untuk kebangkitan ekonomi Sultra yang sempat terpuruk karena pandemi covid19.

“Munas Kadin ini merupakan momentum yang tepat untuk kebangkitan Ekonomi Sultra apalagi Sultra saat ini tengah mengalami keterpurukan di masa pandemi covid19,hampir beberapa tahun belakangan ini kami pelaku UMKM sangat susah meraup keuntungan, apa lagi ditambah dengan aturan pemerintah yang sangat ketat sehingga kami sulit untuk beraktifitas,”ucapnya.

BACA JUGA :  Kini Hadir Perusahan Baru Penetasan Doc/Bibit Ayam Kampung Super Unggul Sultra.

Dia juga mengharapkan Ketua Umum Kadin yang terpilih nantinya bisa membantu menggairahkan kembali kegiatan UMKM yang sempat lesu serta adanya upaya lanjutan untuk penciptaan lapangan kerja di Sultra.

Pernyataan itu juga didukung oleh salah satu Temannya yang lain, bapak iwan munawir yang bekerja sebagai karyawan Toko ini juga menyambut baik penyelenggaraan Munas Kadin Indonesia karena bisa berdampak kepada membaiknya kegiatan ekonomi di Sultra,”ucapnya pada wartawan Lensasatu.com.

sambungnya” kami yang belum bekerja secara normal seiring dengan jumlah pengunjung yang masih menurun, kami juga ingin bekerja kembali seperti dahulu sebelum covid-19 melanda Indonesia.

BACA JUGA :  Ketua Komunitas Exteze Indonesia Region Sultra Gelar Buka Bersama di Warung Makan Bebek Gurih Sulawesi Kendari

Saat ini ia menceritakan hanya bekerja selama tiga hari saja dalam seminggu, atau mengalami perubahan pengunjung, kerja dari sebelumnya enam hari dalam seminggu, sehingga tingkat penghasilan bulanannya turun.

“Kalau mengharapkan penghasilan dari penjualan seperti ini tidak cukup, saya harus kerja sampingan dan berjualan di rumah,” ucapnya.

Sebelumnya wilayah Sultra merupakan salah satu kawasan yang ekonominya lesu dalam setahun terakhir, karena sektor pariwisata yang menjadi tumpuan, terdampak parah oleh pandemi covid-19.

Pada triwulan 2020-2021 perekonomian Sultra bahkan masih tercatat kontraksi menurun tajam dibandingkan angka rata-rata nasional yang membaik atau minus 0,84 persen.

BACA JUGA :  Kadin Sultra Gelar Sosialisasikan Prosedur Ekspor Komoditas Pertanian, Ini Targetnya!!

Selain turunnya jumlah pengunjung penyebab lesunya kinerja perekonomian tersebut antara lain pemberlakuan PPKM mikro dan realisasi penyerapan anggaran di tingkat pemerintah daerah yang belum optimal,sehingga kami juga ikut lesu dan susah mendapatkan bantuan pemerintah.”ucapnya.

sambungnya.”harapan besar kami dengan adanya munas kadin ini adalah pembawa solusi bagi kembangkitan ekonomi masyarakat Sultra, saya selaku pelaku UMKM Konsel sangat memdukung adanya Munas Kadin ini, Sukseskan Munas Kadin RI.” tutupnya.

Penulis: Adyansyah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.