FJB Gandeng BPBD Gelar Pelatihan Outbound, Jurnalis Tanggap Bencana

Salah satu peserta melakukan praktek penanganan bencana.

BONE, LENSASATU .COM – Forum Jurnalis Bone (FJB) salah satu organisasi perhimpunan Para jurnalis Bone bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone gelar kegiatan pelatihan Outbound.

Kegiatan yang di gelar dihalaman kantor BPBD Bone dan dibuka langsung Oleh Penjabat Bupati Bone, H A Islamuddin diawali dengan apel bersama, Rabu (27/09/2023)

Outbound ini di ikuti 30 peserta dari masing masing perwakilan organisasi Wartawan lokal maupun nasional yang ada di kabupaten Bone serta turut dihadiri Hadir Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, perwakilan Kodim 1407/Bone, Kasat Intel Polres Bone mewakili Kapolres, perwakilan BPBD Bone.

BACA JUGA :  Rapat Paripurna Ranperda Pertanggungjawaban APBD TA 2021, Wabup Catatan Pemeriksaan BPK Sekarang Sudah Mencapai 90%
Apel bersama dipimpin langsung oleh Pejabat Bupati Bone H A Islamuddin

Penjabat Bupati Bone, HA Islamuddin mengatakan, kegiatan ini sangat penting dalam rangka mencetak jurnalis tanggap bencana.

“Kegiatan akan sukses jika ada semangat disitu. Ada persatuan,” katanya.

Andi Islamuddin yang juga Sekda Bone mengaku, profesi jurnalis terkadang bersentuhan langsung dengan peliputan bencana.

Olehnya itu kata dia, jurnalis juga perlu dibekali kemampuan dan skill dalam melakukan peliputan di area bencana.

BACA JUGA :  Kendalikan Stunting, Brimob Yon C Turun lansung Bagikan Makanan Penambah Gizi Balita dan Bumil

“Saya dengan juga kegiatan ini menggunakan Anggaran yang bersumber dari APBD, jadi saya berharap ada output dari kegiatan ini sehingga anggaran yang dialokasikan bermanfaat,” tukasnya.

Ketua panitia, Justang mengatakan, kegiatan kerjasama BPBD ini, bisa terselenggara berkat dukungan banyak pihak. Tak terkecuali dari kalangan Anggota DPRD Bone, Danyon Brimob, unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat.

“Kita sengaja menggelar kegiatan dalam rangka memberikan pemahaman, ilmu kepada teman-teman jurnalis terkait pentingnya penanganan bencana. Termasuk melatih skill teman-teman ketika nantinya melakukan peliputan di lokasi bencana,” tukasnya.

BACA JUGA :  Pembangunan Pabrik Rumput Laut di Buton Diduga di Korupsi, Lembaga "PICA" Turun Aksi di Depan Kejati Sultra

Ketua FJB Bone, Ilham menambahkan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam mempersiapkan para jurnalis lokal untuk menghadapi tantangan dan situasi bencana dengan lebih baik.

Penyematan baju peserta oleh Penjabat Bupati Bone kepada perwakilan jurnalis, Agustapa dan Suriani menandai dimulainya kegiatan outbound jurnalis tersebut.

Juga dilakukan praktek repling dan prusiking oleh para jurnalis sebagai peserta dengan pemateri dari satgas BPBD Bone.

Editor : Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.