IPhone Buat Fitur Face ID Baru, Bisa Kenali Wajah Meski Pakai Masker

JAKARTA, LENSASATU.COM – Apple tengah mengembangkan fitur Face ID baru untuk perangkat iPhone. Fitur itu mereka yakini bisa memungkinkan sistem untuk mengenali wajah meski pengguna memakai masker.
Fitur Face ID merupakan fitur keamanan yang disematkan pada perangkat iPhone. Namun, pandemi covid-19 yang mengharuskan pengguna memakai masker selama beraktivitas.

Keharusan itu membuat penggunaan fitur ini jadi sedikit merepotkan. Menanggapi isu tersebut, Apple melakukan pengembangan agar nantinya Face ID dapat mendeteksi wajah pengguna meski saat memakai masker atau yang disebut ‘Face ID With a Mask’.

BACA JUGA :  Permudah ASN dan Masyarakat, Kepala Sekolah dan Guru Apresiasi Aplikasi e-PROKSI

Pengujian awal pada fitur tersebut tengah dilakukan pada versi beta iOS 15,4. Menurut tangkapan layar yang dibagikan MacRumors, bagian pengaturan keamanan akan memberikan opsi apakah pengguna ingin mengaktifkan fitur Face ID dengan masker atau tidak.

Dalam tangkapan layar tersebut dikatakan iPhone dapat mengenali fitur unik di sekitar area mata untuk diautentifikasi. Namun disebutkan juga bahwa fitur Face ID akan bekerja lebih akurat jika diatur untuk bekerja mengenali wajah secara penuh.

BACA JUGA :  Peralatan rumah tangga buatan Turki populer di China

Jika pengguna mengaktifkan fitur Face ID dengan masker, maka pengguna perlu melakukan pemindaian ulang pada wajah.

Fitur Face ID With a Mask juga diberikan tambahan fitur lain yakni penambahan kacamata. Dengan tambahan ini, Face ID akan dengan mudah mengenali wajah pengguna yang memakai masker dan kacamata.

Meski demikian, fitur terbaru ini tampaknya membutuhkan perangkat iPhone terbaru seperti seri iPhone 12 dan iPhone 13. Perangkat yang lebih ‘tua’ seperti iPhone 11 disebut belum dapat menggunakan fitur ini.

BACA JUGA :  Pemprov Bali libatkan masyarakat untuk dukung KTT AIS Forum

Dilansir dari The Verge, Apple telah meluncurkan beberapa fitur alternatif untuk membantu pengguna membuka kunci layar pada ponsel, salah satunya adalah deteksi masker pada wajah pengguna yang membuat perangkat iPhone langsung meminta passcode alih-alih mencoba mendeteksi wajah.(int)

Editor : Abhy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.