Sempat Berhenti, Pelayanan Jemput Bola Dukcapil Kembali Lagi dan Begini Penjelasan Kadis A Saharuddin

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Bone kembali lakukan pelayanan jemput bola perekaman e-KTP

BONE, LENSASATU.COM Pelayanan Langsung/Jemput Bola di Desa terjauh dan terpencil yang sempat terhenti diakhir desember tahun 2023.

Kamis, (25/01/2024). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Bone kembali melaksanakan Pelayanan Jemput Bola di Desa Gaya Baru Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Dalam pelaksanaan jemput bola tersebut Kepala Disdukcapil H. A. Saharuddin, S.STP., M.Si, berharap masyarakat dapat terbantu untuk memperoleh identitas penduduk.

Serta masyarakat dapat memberikan dukungan guna mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan atau yang lebih di kenal GISA.

Andi Saharuddin membeberkan bahwa, pelayanan jemput bola di desa sempat dihentikan sementara karena alasan tertentu.

” Diakhir Desember kami hentikan dulu pelayanan jemput bola, karena waktu itu pelayanan di kantor membeludak sementara alat perekaman kami cuman empat unit maka dari itu kami utamakan pelayanan dikantor, ” kata Kepala Disdukcapil Bone.

BACA JUGA :  Laksanakan Kegiatan BIMNIS Tingkat Korem Bidang Wanmil TA.2022, Ini Kata Danrem 141/Tp

Lanjut kata Andi Sahar, Jemput bola ini sebagai upaya pemerataan layanan agar semakin mendekatkan diri dengan masyarakat. Khususnya warga yang jauh dari pusat kota dengan berbagai kendala.

” tercatat pada kegiatan di Desa Gaya Baru tersebut sebanyak 113 warga yang terlayani diantaranya 72 perekaman KTP-e dan 41 aktivasi IKD (Identitas Kependudukan Digital), ” Ucapnya

Jemput bola selanjutnya Sebut Andi Sahar akan dilaksanakan di Lamuru kecamatan Lamuru esok hari, Jumat (26/01/2024).

BACA JUGA :  Majukan Sektor Pertanian, Mentan Andi Amran dan AAP Kompak Bantu Petani, Distribusi Solar Ikut Jadi Perhatian

” Jadi agar tidak ada pembengkakan biaya jadi Saya dan tim tidak kembali ke Bone dan bermalam di Lamuru karena kami turun mengunakan tambahan anggaran ( pribadi ) .” Jelasnya

Sebut Andi Sahar, Anggaran apa yang bisa digunakan, belanja Operasional yang tahun lalu dianggarkan sebesar Rp.1,6 Milyar berkurang menjadi Rp.1,1 Milyar terlebih sebagian besar dana itu digunakan untuk membayar gaji tenaga honor.

“Kegiatan yang kita mulai Jumat pagi jam 8 kemudian selesai menjelang magrib ada 201 perekaman e-KTP kemudian aktivasi IKD 248 yang terlayani, ” pungkasnya.

Saat Dikonfirmasi Lensasatu.com kegiatan pelayanan jemput bola akan terus dilakukan ataukah hanya pada saat menjelang pemilu saja.

BACA JUGA :  Kunjungan Kerja Pangdam XIV/Hsn Di Kodim 1421/Pangkep. Disambut Lansung Bupati Pangkep

” Kegiatan ini akan kami lakukan secara maksimal sesuai kemampuan anggaran operasional yang dialokasikan kepada kami, ” kata Andi Sahar kepada Lensasatu.com Sabtu (27/01/2024).

Rosmah salah satu peserta yang melakukan perekaman e-KTP di kantor camat Lamuru sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Saya merasa ini yang diharapkan kepada semua masyarakat, karena kalau kita mesti kekantor Capil antrinya lama dan jauh sekali juga, ” ungkapnya.

” Bagaimana kalau macet di jalan berangkat pagi sampai di kota siang pasti tidak perekaman cuman ambil nomor antrian, ” Pungkasnya.

 

Reporter : Jumardi Ricky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.