Biro Kesra Selenggarakan Sosialisasi Kesejahteraan Sosial Anak

Ketga : Kegiatan Sosialisasi Program Kesejahteraan Sosial Anak.

KENDARI-LENSASATU. COM. ||. Wakili Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Sultra, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan,  Drs. Laode Saifuddin., M. Si membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) yang diselenggarakan Biro Kesejahteraan Sosial (Kesra) Setda Prov. Sultra di Plazainn Kendari pada, Senin (08 Juli 2024)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Biro Kesra Setda Sultra, Kadis Sosial Prov. Sultra serta pejabat terkait lainnya. Adapun peserta Sosialisasi ini terdiri dari; Para unsur Dinas Sosial Kab/Kota se-Sultra dan para unsur Bagian Kesejahteraan Rakyat Kab/Kota se-Sultra ditambah peserta dari OPD terkait.

Berdasarkan laporannya, Ketua Panitia oleh Ibu Hj. Nurhayati, S. Pd., M. Pd, menyampaikan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Sosial RI Nomor: 15.A/HUK/2010 tentang Panduan Umum Program Kesejahteraan Sosial Anak, kegiatan sosialisasi ini bertujuan meningkatkan perlindungan anak dari ke keterlantaran, kekerasan, eksploitasi  dan deskriminasi agar anak dapat mencapai hak-hak dasarnya.

BACA JUGA :  Penghormatan yang Istimewa, Pj.Gubernur Sultra Kini Terima Gelar Adat Suku Tolaki

Selanjutnya, pada sambutan Sekda Sultra yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur, menyampaikan bahwa dalam program kesejahteraan sosial anak, memiliki bentuk upaya yang terarah, terpadu serta berkelanjutan oleh Pemerintah dan Masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial dan bantuan memenuhi kebutuhan dasar anak. Pelayanan tersebut meliputi penguatan orang tua/keluarga untuk kesejahteraan sosial anak.

“ Perlu adanya upaya bersama dari berbagai pihak untuk memastikan bahwa setiap tatanan kehidupan dan penghidupan anak yang dapat menjamin pertumbuhan dan perkembangan dengan wajar baik secara rohani, jasmani maupun sosial” tuturnya.

Anak juga mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, karena anak adalah tunas yang akan tumbuh dan berkembang menjadi bagian generasi penerus perjuangan dalam rangka pencapaian cita-cita bangsa. Sebagai implementasinya, maka anak perlu dirawat, dibina dan ditingkatkan kesejahteraannya agar dapat tumbuh dan mengembangkan kepribadian dan kemampuannya, serta keterampilan dalam melaksanakan peran dan fungsi dalam kehidupan sesuai pertumbuhan usianya.

BACA JUGA :  Kodim 1407/Bone Rem 141/Tp Gelar Peresmian RTLH Tahap II dan Bagikan Sembako

Kuantitas dan kualitas masalah kesejahteraan anak terlantar di prediksi akan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kegiatan Sosialisasi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua dalam meningkatkan kesejahteraan sosial.

Sosialisasi ini menampilkan 2 (dua) narasumber/ pembicara yaitu Dinas Sosial Prov. Sultra yang dipaparkan oleh Asbaha, S. IP, dengan Tema “Peran Dinas Sosial Terhadap Kesejahteraan Sosial Anak” dan pembicara kedua dari Pemerhati Perempuan dan Anak yang juga selaku Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Prov. Sultra, Ibu Hj. Andi Intang Dulung, M. Hi dengan tema “Keluarga Sakinah Sebagai Basis Kesejahteraan Sosial Anak.

BACA JUGA :  Rencana Penertiban PKL Dinilai Pilih Kasih, Ini penjelasan Kasat Pol PP.

Kemudian, kegiatan ini ditutup oleh Kepala Biro Kesra Setda Prov. Sultra, Iwan Susanto, SE., M.Si. Pada sambutan penutupnya, Karo Kesra Setda Prov. Sultra menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia, narasumber dan para peserta yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik dan sangat dinamis. Karo Kesra Setda Prov. Sultra berharap agar apa yang didapatkan pada sosialisasi ini dapat menjadi pengetahuan yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Reporter  : Azman

Editor : Red

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.