Tahun Baru Islam 1446 H, AAP : Semangat Hijrah Jadikan Inspirasi Dorong Kemajuan Masyarakat 

DR. H. Andi Akmal Pasluddin, S.P., M.M., Anggota komisi IV fraksi PKS dan Anggota Banggar DPR RI

BONE, LENSASATU.COM Andi Akmal Pasluddin Anggota DPR RI Komisi IV memaknai Tahun baru Islam merupakan suatu hari yang sangat penting bagi umat Islam.

 

Karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW, dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

 

Makna hijrah dalam kehidupan. Tidak hanya berarti perpindahan fisik, tetapi juga mencerminkan transformasi dan perubahan menuju kondisi yang lebih baik.

 

Anggota DPR RI dapil Sulsel ll yang Akrab disapa AAP ini mengatakan, Semangat hijrah ini dapat kita jadikan inspirasi untuk mendorong kemajuan masyarakat Sulawesi Selatan.

 

Sulawesi Selatan memiliki potensi besar dalam berbagai sektor, termasuk pertanian, perikanan, pariwisata, dan industri kreatif.

 

” Sebagai Anggota DPR RI Komisi IV, saya melihat banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan semangat hijrah, mari kita dorong berbagai inisiatif yang dapat membawa perubahan positif bagi daerah kita, ” kata Andi Akmal, Senin (08/07/2024).

BACA JUGA :  Zulkifli Hasan Panggil Wabup Blitar dan Ketua PAN Jatim, Apakah Terkait Jatah Menteri ?

 

Dalam bidang pertanian, Sulawesi Selatan merupakan salah satu lumbung padi nasional.

 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), luas panen padi pada tahun 2023 mencapai sekitar 0,97 juta hektare, mengalami penurunan sebesar 70,29 ribu hektare atau 6,77 persen dibandingkan tahun 2022 yang sebesar 1,04 juta hektare.

 

Pada tahun 2023 Produksi padi sebesar 4,88 juta ton GKG, mengalami penurunan sebanyak 483,78 ribu ton atau 9,03 persen dibandingkan tahun 2022 yang sebesar 5,36 juta ton GKG.

 

Produksi beras pada tahun 2023 untuk konsumsi pangan penduduk mencapai 2,8 juta ton, mengalami penurunan sebanyak 277,61 ribu ton atau 9,03 persen dibandingkan tahun 2022 yang sebesar 3,08 juta ton.

 

” Ini menunjukkan potensi besar yang perlu terus kita kembangkan. Program modernisasi pertanian, penyediaan bibit unggul, serta peningkatan akses petani terhadap teknologi dan pasar harus terus didorong agar terjadi peningkatan secara konstan, ” ungkapnya.

 

Selain pertanian, sektor perikanan juga menjadi andalan Sulawesi Selatan. Wilayah pesisir yang luas memberikan potensi besar bagi pengembangan budidaya ikan dan hasil laut lainnya.

BACA JUGA :  Pangdam XIV/Hsn Bersama Danrem 141/Tp Gelar Sepeda Santai Bersama Bupati dan Masyarakat Bone

 

Pemberdayaan nelayan melalui pelatihan dan penyediaan sarana penangkapan yang lebih modern akan membantu meningkatkan hasil tangkapan dan kesejahteraan nelayan.

 

Data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjukkan bahwa kontribusi sektor perikanan terhadap perekonomian Sulawesi Selatan terus meningkat setiap tahunnya.

 

Pariwisata juga merupakan sektor yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Keindahan alam dan kekayaan budaya Sulawesi Selatan menarik banyak wisatawan setiap tahunnya.

 

” Berdasarkan data dari BPS, Sulawesi Selatan mencatat kunjungan 17.360 wisatawan mancanegara pada tahun 2023, meningkat signifikan dari 5.914 wisatawan pada tahun 2022,” Beber Andi Akmal.

 

Promosi wisata yang lebih intensif, peningkatan infrastruktur pariwisata, serta pelatihan bagi pelaku pariwisata lokal akan membantu meningkatkan daya saing dan menarik lebih banyak wisatawan.

 

Peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan juga menjadi fokus penting dalam upaya mendorong kemajuan masyarakat.

BACA JUGA :  Dorong Ekspor Komoditas Pertanian Jagung, Andi Akmal Pasluddin Gelar Ini di Bone

 

Angka partisipasi sekolah di Sulawesi Selatan menunjukkan peningkatan yang positif, namun masih perlu didorong lebih jauh.

 

Pemerintah perlu terus meningkatkan akses dan kualitas pendidikan, termasuk melalui program beasiswa dan peningkatan sarana pendidikan, ” Ucapnya.

 

Demikian pula, peningkatan akses layanan kesehatan bagi masyarakat, terutama di daerah terpencil, harus menjadi prioritas utama.

 

Program-program kesehatan preventif dan penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai akan membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Sulawesi Selatan.

 

Tahun Baru Hijriah 1446 H ini, mari kita jadikan sebagai momentum untuk melakukan perubahan yang berarti. Dengan semangat hijrah, kita dapat mendorong berbagai inisiatif yang membawa kemajuan bagi Sulawesi Selatan,” Sebutnya.

 

” Bersama-sama, kita dapat mewujudkan Sulawesi Selatan yang lebih maju, sejahtera, dan berkualitas,” Tambahnya.

 

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada kita dalam menjalani proses hijrah menuju kebaikan. Selamat Tahun Baru Islam 1446 H, semoga kita semua diberkahi dan dirahmati,” Tuturnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.