Ramah Tamah, Silaturahmi Pengukuhan dan Pelantikan DPD RENTAN Sumut

MEDAN,LENSASATU.COM-Dewan Pengurus Pusat (DPP) RENTAN Nasional mengadakan ramah tamah, silaturahim sekaligus pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Sumut berlokasi di Cafe Fesbuker yang beralamat Jalan Inspeksi Titipapan Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan pada hari Kamis 20/1/22 jam 16.30 wib.

Tampak hadir dalam pertemuan ramah tamah ini Ketua Umum Rentan Bapak Muhammad Yunus, Sekretaris Umum Iskandar, SE. Ketua Harian DPP RENTAN Erdy MDH. Hadir pula para pengurus DPD RENTAN seperti Ketua DPD Jenny Meranti, Wakil Ketua Budi Yanto, SH, Sekretaris Tuti Anggraini, Bendahara Hariyanti, Ketua Bidang TRC Riki Fauzi, OKK Junianto Simanjuntak, dan Ketua Bidang Media dan Humas Rudi Hartono, SE.

Acara ramah tamah ini juga diikuti oleh Jajaran Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kota Medan yaitu Ketua DPC RENTAN Kota Medan Abah Salman, SH, Sekjen DPC Kota Medan Khairil. Tak ketinggalan para pengurus Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) seperti Ketua DPAC Belawan yang Putra Islami, Ketua DPAC Labuhan Zunaidi Abut, Ketua DPAC Medan Deli Muhammad Ramadhon dan Ketua DPAC Medan Selayang Akbar Wijaya.

BACA JUGA :  Demi Aman Dari Pembajak, AL Banjarmasin Gelar Latihan

Ketua Umum Muhammad Yunus dalam arahannya menyatakan dengan tegas bahwa relawan itu adalah tenaga sukarela yang berempati dan bersimpati untuk kebencanaan. Jadi dalam perekrutan lebih mengutamakan rasa solidaritas kemanusiaan secara sosial kemasyarakatan.

“RENTAN sudah masuk dalam 4 Besar lembaga Kebencanaan di Sumut menurut BPBD. Kehadiran kita sudah diperhitungkan dan dipandang sebagai mitra kebencanaan yang dinamis, aktif dan berkontribusi positif sebagai mitra pemerintah khususnya dibidang kebencanaan. Perlu saudara relawan sekalian ketahui bahwasanya RENTAN sudah melakukan 37 kegiatan yang penting bekerjasama dengan lembaga Kebencanaan baik pemerintah dan lembaga lainnya”, ujar Yunus memberi semangat jajaran dibawahnya.

BACA JUGA :  Mantan Anggota DPR RI Support Kejati Sultra Agar Tidak Ragu Berantas Mafia Tambang

Kegiatan ramah tamah ini juga menjadi ajang perkenalan sesama pengurus agar kordinasi dan sinergi RENTAN yang diharapkan mampu berkolaborasi dengan lembaga setingkatnya, seperti DPD yang berkolaborasi dengan setingkat propinsi, DPC berkolaborasi dengan setingkat Kabupaten/Kota dan DPAC yang berkolaborasi dengan setingkat Kecamatan.

Dalam rentang waktu 2 tahun sejak kelahiran RENTAN, telah mampu mengadvokasi dan berkontribusi positif di bidang kebencanaan baik tingkat Nasional maupun daerah. Bencana yang menimpa di beberapa tempat di Indonesia telah menempatkan RENTAN sebagai salah satu lembaga yang selalu di nanti untuk beraksi.

Dari perjalanan ini, RENTAN telah menjalani berbagai pelatihan baik dari Basarnas, Polri, TNI, BPBD dan lain-lain. Aksi peduli kemanusiaan juga sering dilakukan RENTAN seperti pengumpulan dana Bencana Semeru dan Lumajang akhir tahun lalu. RENTAN juga tampil sebagai penengah terhadap konflik sosial yang terjadi di Belawan bekerjasama dengan Polresta Pelabuhan Belawan. Bahkan acap kali RENTAN di ajak mengikuti aksi rescue kebencanaan karena tingkat partisipasi dan keaktifannya tinggi.

BACA JUGA :  DPRD Bersama Pemprov Sultra Bahas Perubahan RPMJD 2018-2023

Menurut data yang ada, RENTAN sudah banyak memiliki DPD, DPC dan DPAC seperti di provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Palembang, Jakarta bahkan sampai ke Papua. Wajarlah kiranya RENTAN bermotamorfosis menjadi lembaga yang tangguh, kuat dan diperhitungkan keberadaannya di kancah Nasional.

Reporter : Rudi Hartono
Editor : Agustian

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.