Resmikan Kantor Cabang Konsep Terbaru Digital Branch di PIK, CIMB Niaga Hadirkan Kantor Cabang Hybrid Pertama

JAKARTA. LENSASATU.COM –  PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) meresmikan pembukaan model terbaru kantor cabang masa depan yaitu Digital Branch di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Jumat (25/8/2023).

Kantor cabang dengan konsep hybrid yang memadukan antara Cabang Konvensional dan Digital Lounge ini menawarkan pengalaman perbankan yang lengkap dan serba digital dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga untuk nasabah #YangUtama.

Melalui Digital Branch, nasabah dapat memanfaatkan beragam fasilitas perbankan terkini yang sebelumnya ada di Digital Lounge seperti mesin Self Service Banking, Video Banking, perangkat Tablet, OCTO Vending Machine, dan beragam fasilitas digital lainnya didukung oleh seorang Digital Service Officer.

Layanan digital tersebut menjadi nilai tambah yang semakin melengkapi layanan dan fasilitas utama kantor cabang konvensional seperti Customer Service, Teller, serta CIMB Preferred Lounge dan Safety Deposit Box di beberapa kantor cabang.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan menyatakan, CIMB Niaga senantiasa memahami perubahan gaya hidup nasabah dalam bertransaksi perbankan di era digital yang menginginkan layanan cepat dan praktis, tanpa meninggalkan layanan personal yang ramah.

Karena itu, CIMB Niaga menghadirkan inovasi baru kantor cabang yaitu Digital Branch yang menjadi tonggak baru transformasi layanan kantor cabang di CIMB Niaga.

“Kehadiran Digital Branch pertama di PIK merupakan wujud komitmen kami untuk terus memberikan layanan perbankan terbaik kepada nasabah dan masyarakat Indonesia menjelang Perayaan Ulang Tahun CIMB Niaga ke-68 pada September mendatang,” kata Lani pada Peresmian Digital Branch di PIK, Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Dikatakan lebih lanjut “Dengan layanan hybrid, nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan sesuai dengan preferensi masing-masing, baik secara self service berbasis digital maupun dengan layanan personal dari Digital Service Officer dan staf CIMB Niaga,” Ucapnya

BACA JUGA :  Siswa SPN Batua Polda Sulsel Jalani Latja, Kasat Lantas Polres Bone Berikan Arahan

Turut hadir dalam Peresmian Digital Branch yaitu Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung; Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi; serta jajaran manajemen, nasabah, dan staf CIMB Niaga.

Masih kata Lani, Dibukanya Digital Branch tersebut semakin melengkapi layanan yang telah ada sebelumnya yaitu Kantor Cabang dan Digital Lounge.

” Per 30 Juni 2023, jaringan CIMB Niaga secara nasional didukung 412 kantor cabang dan jaringan (termasuk 36 Digital Lounge), 3.996 ATM (termasuk cash remittance machine and multidenom deposit machine), dan 453.483 electronic data capture (“EDC & QR”)”, jelasnya.

Selain menerapkan konsep hybrid, Digital Branch juga mengusung konsep sustainability dengan meminimalisir pemakaian kertas dan mengutamakan penggunaan furniture dari pengrajin UKM lokal.

Hal ini sejalan dengan kebijakan green office policy yang merupakan bagian dari komitmen CIMB Niaga terhadap implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam kegiatan operasional.

Implementasi konsep sustainability tersebut misalnya dapat dirasakan calon nasabah dan nasabah dalam berbagai layanan perbankan di Digital Branch.

Di antaranya saat membuka rekening tabungan menggunakan mesin Self Service Banking. Calon nasabah tidak perlu mengisi formulir tercetak, melainkan cukup dengan menggunakan KTP elektronik dan mengisi formulir digital yang tersedia, maka dalam waktu kurang dari 5 menit pembukaan rekening tabungan berhasil.

Selain itu, dengan fasilitas video banking yang dapat diakses termasuk di luar jam operasional kantor cabang, nasabah juga bisa melakukan beragam transaksi finansial dan non-financial, mengakses informasi produk dan layanan, dan menyampaikan keluhan dipandu langsung oleh seorang banking officer secara live melalui layar sentuh tanpa harus mengisi formulir berbasis kertas.

BACA JUGA :  MA/MTs Indotec Muhammadiyah Kendari Sukses Menggelar, Penamatan dan Ramah Tamah

Demikian juga pengajuan berbagam produk dan layanan CIMB Niaga lainnya bisa dilakukan secara digital dan mandiri, sehingga lebih praktis dan ramah lingkungan.

Dengan menghadirkan Digital Branch, diharapkan potensi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang dapat dihindari CIMB Niaga ke depan akan semakin besar.

Selama tahun 2022, CIMB Niaga mencatat, dari penerbitan lebih dari 1,8 juta e-statement secara paperless mampu mengurangi penggunaan kertas sebanyak 27,7 ton. Dengan demikian, potensi emisi GRK yang dapat dihindari adalah sebesar 13,86 ton setara CO2.

Di samping itu, optimalisasi penggunaan perangkat digital yang ada di Digital Branch juga akan meningkatkan efisiensi waktu layanan. Sebagai contoh, jika 80% pembukaan rekening dilakukan menggunakan mesin Self Service Banking dan Self Service Tablet, serta 90% pelayanan penggantian Kartu Debit/Kartu Kredit dan pembaharuan data nasabah dilakukan melalui mesin Self Service Banking atau dibantu oleh Digital Service Officer, maka dapat mengurangi waktu layanan hingga 50%.

“Setelah PIK, kami akan terus mengembangkan Digital Branch di kawasan lain sebagai solusi untuk mendukung beragam kebutuhan perbankan masyarakat di era yang telah berubah saat ini. Ke depan, kami berharap peningkatan layanan kantor cabang yang dilakukan secara bertahap ini dapat dinikmati nasabah CIMB Niaga di berbagai kota di Indonesia,” ujar Lani.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group.

CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile.

BACA JUGA :  Pelantikan PKD Tanete Riattang, Ini Pesan Ketua Bawaslu Bone

Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan.

Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 Juni 2023, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.796 karyawan (konsolidasi), 412 kantor cabang & jaringan (termasuk 36 digital lounges), 3.996 ATM & CRM, serta 453.483 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia.

Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,6 miliar per 30 Juni 2023. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah, serta pengelolaan aset dan asuransi.

CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.