Kapolres Bone serta Pejabat Utama Mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2022 Secara Virtual

BONE -SULSEL, LENSASATU.COM||Seperti diketahui, tanggal 1 Juni resmi ditetapkan sebagai hari libur nasional lahirnya Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta.

 

Melalui upacara virtual ini, Kapolres Bone AKBP Ardyansyah,S.IK.,M.Si. bersama para Pejabat Utama Polres Bone mengikuti upacara ini di Ruang Vicon Sarja Arya Racana Mapolres Bone. Khusus di Gedung Latea Riduni Kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone juga berlangsung acara yang sama yang dihadiri oleh Bupati Bone Drs.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si. bersama Kabag Ren Polres Bone Kompol Umar M. mewakili Kapolres Bone dan undangan lainnya. Rabu, 01/06/2022.

BACA JUGA :  Pemdes Samaenre: Solusi Air Bersih Lewat Tenaga Surya

Adapun komandan upacara kali ini adalah Kolonel Inf Tunjung Setyabudi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana. Kemudian bertindak selaku pembaca naskah Pancasila adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo. Sementara Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick membacakan naskah UUD 1945.

 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy bertindak selaku pembaca doa setelah pemberian amanat dari inspektur upacara. Pada upacara kali ini, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ende, Ragi Lambu-Luka Lesu lengkap dengan penutup kepala. Ibu Iriana Jokowi juga tampak mengenakan kain motif tradisional Ende berwarna ungu tua.

BACA JUGA :  Jaga Kondusifitas Kamtibmas Diperingatan May Day, Ini Yang Dilakukan Danyon Brimob Bone.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama – sama membumikan Pancasila serta mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

 

“Pancasila tidak hanya mampu mempersatukan kita sebagai sebuah bangsa yang besar namun Pancasila telah menjadi bintang penuntun kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” ungkap Presiden Jokowi.

BACA JUGA :  Petani Tenggelam Saat Menyeberangi Sungai, Danyon Ichsan Terjunkan SAR Brimob Bone 

 

Presiden Jokowi juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi perhelatan Presidential G20.

“Sebagai tuan rumah, mari kita mengajak seluruh negara maju untuk bergotong royong menciptakan umat manusia yang kebih baik” ujar Presiden Jokowi.

 

Jika dihitung dari tahun 1945, saat ini hari lahirnya Pancasila sudah menginjak di tahun ke- 77. Sebagai jajaran Kepolisian yang dituntut menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, turut menjaga kemurnian Pancasila yang merupakan ideologi dasar dari bangsa ini.

 

Reporter: Jumardi

Editor : Agus

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.